Hatta: Krisis Rusia-Ukraina Tak Ganggu Harga Minyak


Ilustrasi: (Foto: Reuters)Ilustrasi: (Foto: Reuters)JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan krisis yang terjadi di Rusia terkait penyerangan ke Ukraina tidak akan berpengaruh terhadap harga bahan energi seperti minyak dan gas di dunia juga Indonesia.

"So far ini, kan itu kan soal suplai gas ke Eropa kan, sejauh ini tidak (akan beri dampak) terhadap harga minyak kita," tutur Hatta ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Dirinya menjelaskan, dari sisi fundamentalnya, pergerakan harga di sektor energi tidak akan terjadi melihat perkembangan ekonomi negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Cina dan India.

"Dari fundamentalnya sektor itu tidak ada kenaikan. Kita lihat perekonomian dunia yang semakin membaik terlihat di Amerika Serikat, China dan India," ujarnya.

Sementara itu, terkait ketahanan energi nasional Hatta mengakui penurunan produksi minyak dalam negeri memacu pemerintah untuk segera mencari jalan keluar untuk memastikan pasokan energi nasional.

"Produksi kita memang turun. Makanya kita terus dorong diversifikasi ke gas. Upaya memaksimalkan kilang juga tetap kita lakukan," tukasnya.(rzy)